Onrop Musikal Note 3

Akhirnya, waktu latihan onrop! Musikal di Nyi Ageng Serang Kuningan selesai sudah. Latihan gabungan antara cast, Band + Orkestra, art + Stage management & Sound Efek berlangsung aman.
Awalnya memang sedikit ada kendala untuk sinkronisasi semuanya. Hal ini karena para cast sudah terbiasa bermain dengan playback yang sangat pasti dari music player. Berbeda dengan band + Orkestra yang kadang bisa berubah tempo, hal ini membuat kita semua musti menyesuaikan dengan karakter band & Orkestra-nya. 
Tetapi setelah berlatih keras selama berhari-hari “Run-through”, chemistry mulai terbangun dan progress-nya luar biasa. Masalah tempo adalah hal utama karena hal ini berimbas kepada cast dan dancer ensemble yang harus sedikit kesusahan apabila tempo terlalu cepat, dan akan juga akan terdengar “drop” apabila tempo terlalu lambat. Adalah tugas Mr. Indra Perkasa untuk menentukan tempo lagu agar pas dengan semuanya. 
Kembali ke departemen saya sebagai Sound Designer & Sound Effects Director, saya akan memainkan semua sound efek secara LIVE tanpa program sedikitpun. Hal ini untuk menghindari perubahan tempo dan adegan di stage nanti. Tugas saya untuk mendramatisir dan membuat ambience keseluruhan play agar para cast dan penonton merasa berada di situasi yang sama dengan jalannya cerita. Beberapa hal harus saya sinkronisasi dengan player untuk beberapa hal yang “Crucial”, tetapi untungnya tidak banyak. Sisanya, saya harus berpatokan pada cast dan Conductor (Indra Perkasa) untuk “cue”.
Untuk teknis, saya memakai beberapa tools ini :
  • Macbook Pro 13” (2,4 Ghz Processor, 4 GB RAM, 250 GB Hard drive)
  • Ableton Live 8 Rewire to Propellerhead Reason 4 software
  • Lexicon Alpha audio interface (Main Out to Mixer)
  • Yamaha Mixing console MG82cx (8 Channel Mixer)
  • M Audio Keyrig 49 Midi controller
Next Destination…Teater Besar TIM.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.